267 Sekolah Terancam Ditutup

Sebanyak 267 sekolah yang memiliki persentase kelulusan 0% bisa ditutup atau digabungkan.
Penutupan dilakukan jika sekolah tersebut tidak punya potensi lagi.
“Jika pemerintah daerah, kota, atau provinsi menilai bahwa sekolah2 tersebut sudah sedemikian parah, bisa digabungkan sehingga lebih efisien,” kata Menteri Pendidikan Nasional Mohammad Nuh saat peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Jakarta, Kemarin.
Ke depan Kemendiknas akan memperketat pemberian izin pembukaan sekolah baru. Artinya, perizinan sekolah tidak hanya didasarkan pada visibility studies atau aset yang dimiliki sekolah spt gedung saja. Namun, persyaratan minimal juga harus dipenuhi. “Persyaratan ini seperti sekolah harus terdiri atas sekolah induk dan sekolah filial (sekolah jarak jauh),”tandasnya.
Sementara itu, Wakil Meteri Pendidikan Nasional (Wamendiknas) Fasli Jalal menyatakan, hasil UN SMP baru diumumkan pada pekan depan. Menurut dia, belum diumumkannya hasil UN ini disebabkan beberapa faktor. Diantaranya hasil UN SMP utama diselenggarakan secara nasional pada 29 Maret hingga 1 April 2010. Adapun ujian susulan pada 5 hingga 8 April 2010. Kedua hasil ini hingga kini belum selesai dilakukan pengecekan.
Fasli yang juga Dirjen Pendidikan Menengah Tinggi (Dikti) ini mengatakan, fokus Kemendiknas sebenarnya bukanlah pada persentase angka kelulusan pada UN utama, melainkan pada persentase saat UN ulangan. Setelah itu, jelasnya, Kemendiknas baru berjibaku pada tingkat evaluasi. Dengan demikian,hasil buruk yang terjadi pada UN tahun ini tidak terulang tahun depan.
Hal positif yang ada pada UN tahun ini, menurut Fasli,adalah adanya komitmen banyak pihak, baik pemerintah daerah,guru maupun semua yang terlibat dalam UN untuk mengutamakan kejujuran meskipun pada akhirnya berdampak pada rendahnya persentase kelulusan.
Namun, ujarnya, dengan meningkatkan kejujuran ini, pemetaan pendidikan akan lebih transparan sehingga intervensi dari Kemendiknas bisa lebih kuat,masif. Dan afirmatif.

Sumber ;
Seputar Indonesia (3/05)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s