Kesimpulan: Hidup Bersama Emosi

Emosi itu mempunyai definisi karakteristik sebagai berikut:

1. Ada sebuah perasaan, seperangkat sensasi yang kita alami dan seringkali kita sadari.

2. Sebuah episode emosional bisa menjadi singkat, kadang berlangsung hanya beberapa detik, kadang menjadi sangat lama. Jika episode tersebut berlangsung berjam-jam, maka itu adalah suasana hati, bukan sebuah emosi.

3. Itu adalah tentang sesuatu yang menjadi masalah bagi setiap orang.

4. Kita mengalami emosi seperti yang tengah terjadi pada kita, bukan yang dipilih oleh kita.

5. Proses penilaian, yang di dalamnya kita secara konstan memindai lingkungan kita untuk hal-hal yang membawa masalah bagi kita, yang biasanya bersifat otomatis. Kita tidak sadar dengan penilaian kita, kecuali ketika itu diperluas waktunya.

6. Ada sebuah periode keras kepala yang pada awalnya menyaring informasi dan pengetahuan yang tersimpan dalam memori, memberi kita akses hanya kepada apa yang mendukung emosi yang kita rasakan. Periode keras kepala mungkin berlangsung hanya beberapa detik, atau mungkin saja berlangsung lebih lama lagi.

7. Kita menjadi sadar akan bentuk emosional ketika emosi itu mulai muncul, ketika penilaian yang pertama sudah komplit. Ketika kita menjadi sadar bahwa kita tengah dalam cengkeraman sebuah emosi, kita bisa menilai kembali situasi tersebut.

8. Ada tema emosional universal yang merefleksikan sejarah evolusi kita, selain banyak variasi yang dipelajari secara kultural yang merefleksikan pengalaman individu kita. Dengan kata lain, kita menjadi emosional terhadap masalah2 yang relevan dengan nenek moyang kita dan juga yang kita telah temukan masalah2 itu dalam kehidupan kita sendiri.

9. Hasrat untuk mengalami atau tidak mengalami sebuah emosi memotivasi banyak perilaku kita.

10. Sebuah sinyal yang efisien — jelas,padat, dan universal — menginformasikan orang lain bagaimana orang yang emosional itu merasa.

#membacaemosiorang

@deazasqiya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s