#10DaysChallenge!

Here we go!
Kali ini bukan review or info tapi ngajak kalian ikutan “my #10DaysChallenge”.

So.. Dalam #10DaysChallenge ini bertujuan supaya kita bisa hidup lebih sehat dan bonusnya penurunan berat badan pastinyaaa.
Kalian harus tau, berat badan aku naik terus dan bikin aku harus besarin ukuran kain lamaran! oh-my, makanya aku putuskan untuk bikin resolusi ini dengan #10DaysChallenge!
Beberapa list yang harus dilakukan adalah…:

1. Diet sehat : Mengurangi karbohidrat (atau lebih baik stop) dan banyak mengkonsumsi sayuran. Kentang, Nasi, Gula, Garam, Beer pokoknya kurangin yang mengandung karbohidrat. Ayam, boleh tapi pilih dada aja ya. Ikan pilihan paling baik. Daging juga pilih yang nggak mengandung banyak lemak.

2. Jogging : Efektif banget buat yang mau badannya bagus alami. Keuntungannya adalah, aku tinggal di Sentul City, karena udaranya mendukung banget buat jogging, tapi kalian yang tinggal di tengah-tengah kota ngga perlu bingung, gunakan waktu sore kalian, cari lingkungan di dekat rumah yang bisa digunakan untuk jogging, biasanya taman atau kalau kalian berani, nggak usah dipikirin tempatnya, jogging ya jogging aja… 😄

3. Me time : Like hair to toe treatment. Pokonya full service deh, tapi rutin ya. Pilih produk yang tujuannya buat nyehatin rambut, memperindah kulit supaya lebih lembut dan bersih.

4. Minuman sehat : Harus banyak minum air putih, jadi nggak bikin kita loyo dan sekaligus berfungsi mendetox tubuh kita.

Nah, dari 4 point di atas, yang kita butuhin adalah…:

1. Schedule untuk jam makan tetap. Walaupun diet, tetap harus ada makanan low carbo yang kita makan.

2. Stopwatch atau alat applikasi yang ada di gadget kamu, tujuannya supaya kamu lebih semangat lagi joggingnya. Sepatu dan alat-alat untuk jogging.

3. Lulur, body scrub, hair spa, creambath, hair mask, alat pedicure manicure, body mask, face mask, dan lain sebagainya. (Aku saranin lebih baik peralatan di atas beli sendiri aja, jadi hemat cost dengan nggak perlu bolak balik salon deh…)

4. Botol! Aku sih lebih suka pakai botol ya, tapi ini boleh jadi opsi lain selain gelas kok. Kelebihannya kita bisa nakar seberapa air yang kita minum, nggak gampang tumpah, bisa dibawa kemana-mana. Kalau gelas kan dikit-dikit harus dicuci tuh, jadi agak ribet ya… hehehe tapi ini pilihan aja kok 😊

Start from tomorrow!

Jadi mulai besok ke-empat list di atas bakal aku jalanin, di hari ke-sepuluh aku akan liat resultnya.

Q&A

Jogging berapa kali sehari? dan bagusnya pagi atau sore?

Well, jogging itu buat pemula baiknya sehari sekali ya, karena after jogging itu biasanyaaa badan bakalan agak linu-linu dan itu yang bikin nyerah buat jogging besokannya, tapi jangan nyerah! Kalo berhasil ngelawan pasti akibatnya bakal ketagihan sama jogging..
Jogging menurut aku pagi atau sore nggak masalah, dilihat jadwal kamu hari itu aja, kalau misanya pagi ada kegiatan lebih baik dilakuin sore hari aja.

Kalau jogging pagi bikin lemes nggak?

Setau aku enggak ya, karena abis jogging kan kita mandi, tapi jangan langsung mandi yaaa kalo abis keringetan, tunggu 10 menitan sampai badan agak kering. Lebih baik kalau jogging pagi, mandinya jangan pakai air hangat, karena kalau pakai air hangat otot dan saraf kan jadi relax tuh, itu yang bikin kita ngantuk…

Luluran berapa kali kalau ikut #10DaysChallenge?

Nggak ada batasannya kok, makanya harus smart dalam milih lulur atau produk lainnya. Seperti lulur, cari yang tekstur scrubnya yang nggak kasar-kasar banget, jadi masih bisa dipakai daily, atau kalian bisa cari yang bisa dipakai daily use. Jangan lupa palai hand & body lotion/mask after luluran ya, biar kulit ngga kering.

Perawatan rambut terlalu sering apa nggak bikin rambut lepek?

That’s why aku saranin untuk smart milih produk. Kalo kamu putuskan untuk pakai Hairspa pada hari Senin, di hari Selasa kamu bisa break untuk urusan rambut. Rabu kamu bisa pakai Hairmask, kan hanya di batangnya. Kamis kamu juga bisa break, hari Jumat kamu break, kemudian Sabtu sekalian persiapan ngedate, kamu bisa Creambath kan. Oh iya! Selama #10DaysChallenge, kurangi menggunakan catok, curly, atau hairdryer biar rambut sehat maksimal.

Bener nggak sih minum itu harus delapan gelas setiap hari?

Aku rasa kalo di patok harus delapan gelas tiap hari jadinya agak annoying ya. Jadi mending kamu fokusin sama kebutuhan minum kamu. Harus mencukupi banget! Jadi jangan tunggu haus! Dikira-kira aja, kalau udah sejam nggak minum, ya iseng-iseng minum ajaaa..nggak kerasa juga bisa lebih dari delapan gelas..

Yang mau ikutan coba #10DaysChallenge silahkan dicoba. Sebelumnya kalian bikin note kecil yang ada tulisan seperti ini :

“#10DaysChallenge”
Nama: …
Mulai program : dd/mm/yy
Selesai program : dd/mm/yy
Berat Badan : ../kg
(ambil satu baju yang paling sempit/celana, pakai, setelah tau bagian mana yang paling menonjol kemudian simpan baju/celananya dengan rapi)

(contoh)
Day 1 :
– Makan pagi jam 7.00, banyak minum air putih + makan lauk dan sayuran tanpa nasi.
– Makan siang jam 13.00, makan roti dan buah. Banyak minum air putih
– Jalan di mall kurang lebih 2 jam (misalnya lagi di mall gini sorenya ga jogging ga papa hehehe)
– Banyak minum air putih
– (kalau kuat) Jogging jam 16.30-17.15.
– Jam 18.00 makan roti dan minum air putih.
– Tidur jam 22.00

Kurang lebih bikin catatan seperti itu, supaya kamu tau apa aja yang udah kamu lakuin hari ini dan bisa membantu kamu membuat pola makan juga olahraga sehari-hari.

10 hari kemudian…
Bikin draft yang sama seperti di atas, tapi rubah berat badannya, dan lihat hasilnya. Apabila berat badan tidak berkurang jangan langsung kecewa, ambil baju/celana yang udah kamu simpan rapi dan coba di pakai, aku rasa pasti ada perubahan dalam usaha kamu selama ngikutin #10DaysChallenge ini. Kalau belum juga berubah coba kamu ingat-ingat apa ada yang salah dari pola makan atau olahraga yang kurang? Jangan lupa tidur yang cukup juga mempengaruhi kesehatan lho.. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s