Pendarahan di usia kandungan 12 minggu :’)

Sedih banget pas tau aku pendarahan. Padahal baru aja dari cek up ke prof. Tadi emang prof bilang janinnya sudah nggak berdetak. Prof bilang aku harus tunggu seminggu sampai sepuluh hari lagi. Belum ada 6 jam eh pendarahan. Besok udah daftar untuk cek up lagi ke prof, tapi kebetulan besok beliau tidak ada jadwal praktek. Jadi aku harus datang dan diperiksa oleh suster jaga kemudian apabila diperkirakan prof harus datang baru deh beliau datang.

Hari ini jam 3 sore aku dan suami pergi ke rumah sakit. Kemarin selama perjalanan nggak nemu macet, eh hari ini jalanan padat banget! Nyesel tadi jalan kesorean. Kita sampai rumah sakit jam setengah empat kayaknya, tadi lupa liat jam. Sampai di rumah sakit langsung naik ke lantai dua, dan suster minta kami menunggu di ruang tunggu. Nggak sampai 10 menit aku udah dipanggil masuk ke ruangan periksa.
Di dalam ruangan, aku disuruh berbaring dan sambil di tensi suster nanya-nanya tentang keluhan selama ini. Aku ceritain dari hasil USG 3D kemarin bahwa janin aku dinyatakan tidak berdetak oleh Dr. D tapi kalau prof sendiri bilang suruh tunggu, karena di ajaran muslim, Allah SWT akan meniupkan ruh kedalam janin saat usianya genap 100 hari. Kebetulan pada saat itu kandungan aku baru sekitar 90 hari.
Kemudian tentang pendarahan yang terjadi itu sejak kemarin malam, lumayan banyak dan terasa ngilu dibagian rahim. Suster sampai bertanya dari awal pakai pembalut sampai sekarang sudah berapa kali ganti pembalut, aku hitung-hitung baru 3 kali. Kemudian suster jaga datang, dan memberikan penjelasan bahwa apabila prof tidak bisa datang berarti ada kemungkinan aku harus dirawat agar mendapatkan pengawasan yang khusus, tapi aku males banget kalo harus stay di rumah sakit karena aku ngerasa fisik aku nggak ada masalah, dan masih kuat. Kemudian nggak lama suster minta aku untuk mengganti pembalut yang sudah aku pakai dengan pembalut yang baru. Aku kira harus ganti di toilet karena maklum kan lagi pendarahan, nggak taunya aku disiruh tetap tiduran dan digantikan oleh si suster yang tadi cek tensi aku! What?! Agak malu sih cuma yaudah lah dilawan juga gak mungkin bisa. Pasrahhh..
Biasanya masuk ke ruangan itu nggak boleh bawa HP dan nggak boleh pakai jam tangan, kali ini tumben si suster nggak bawel masalah itu.
Habis di gantiin popok aku hahahaha maksudnya pembalut tadi, nggak lama si suster yang sama datang bawa kapsul/softgel yang ketutup gitu warnanya putih kirain buat aku minum gataunya dimasukin lewat situ (sorry) anus. Apaaa?!! Ya tuhan harus gimana guehh.. Yaudah biar cepet aku pasrah ikutin instruksi dari si suster, thanks God rasanya gak sakit cuma kayak ada yang ganjel aja hahaha :’)
Setelah semua ritual selesai, aku kirain mau di usg soalnya gak lama setelah obat masuk kedalam lama kelamaan kok pusing, kayaknya efek dari obat itu mulai bekerja. Ternyata nggak ada usg-usg-an karena cuma prof atau dokter yang bisa lakuin pengecekan dengan usg.
Sambil line-line-an sama suami yang nunggu di luar sambil bahas tetangga sebelah kasur aku yang kedengarannya manja banget dan masih kecil gitu nangis-nangis mau di cek miss.v nya. Kirain dia masih kecil nggak taunya udah nikah dan seorang guru.
Belum kelar ngetik eh nggak taunya suami aku masuk. Dia nemenin aku gitu di dalem ruangan nggak tau kenapa nggak dikasih kursi, jadinya duduk di kasur aku juga deh ๐Ÿ˜ฆ
Beberapa menit nunggu nggak lama suster datang bawa teh hangat manis, aku sebenarnya udah nggak tahan nahan laper tapi nggak suka juga minum teh. Apalagi teh manis. Beberapa menit kemudian suster jaga datang dan bilang kalau dokter nggak bisa datang dan aku harus dirawat inap. Waduh.. Mulai deh tuh aku deg-deg-an nggak mau dirawat sekarang, mungkin nanti-nanti aja kalau udah ngerasa bener-bener nggak kuat. Akhirnya suami aku yang ngomong sama mbaknya di luar. Kelar bahas masalah harus rawat inap, akhirnya aku boleh nggak nginap tapi harus bed rest, dan ambil darah dulu buat cek HB aku rendah apa normal apa tinggi. Kalau sampai HB aku rendah sih fix banget harus nginep. Sambil doa nggak lama suster datang kasih tau hasil test darah aku HBnya normal dan aku boleh pulang. Yessss!! Akhirnya bisa makan!!!
Besok aku harus balik lagi ke rumah sakit. Ditunggu jam 3 sore oleh prof :’)
Lumayan kepikiran sih, soalnya nggak mau langsung ambil tindakan kuret karena takut banget! Takut sama rumor susah punya anak lagi. Tapi alhamdulillah bawaan aku sekarang happy dan positif terus. Kata suster nggak boleh terlalu dipikir dan jangan sampai stress karena bisa susah punya anak lagi, alhamdulillah nggak ada tuh stress hihihi ๐Ÿ˜‰
Intinya sih aku mau tau kenapa sampai anak aku nggak berdetak. Prof juga udah janji sama aku mau cari tau awal mula kok bisa begini kenapa. Makanya janin tersebut mau di bawa ke Lab. Kalau aku memang punya riwayat tokso karena dari zaman abg (terkenal di komplek gara-gara punya banyak anjing wkwkw) sampai 2 tahun lalu masih pelihara anjing. Pas hamil 2 bulan aja aku melihara kelinci… salah banget sih ๐Ÿ˜ฆ
Bisa juga karena kromosom. Antara sel telur atau sperma yang ketemu lagi nggak bagus. Yang jelas bukan karena makanan atau karena kecapekan. Kalau kecapekan nggak nunggu jantung berhenti dulu langsung merosot janinnya. Naudzubillahimindzalik.
Besok ketemu prof dan tentang kelanjutannya nanti aku post lagi :), tapi apapun hasilnya.. mau akhirnya sedih atau senang, intinya itu yang terbaik menurut Allah swt untuk aku saat ini. Semua sudah diusahakan, sudah berpasrahkan diri, memohon, hasil akhirnya ya harus diterima dengan ikhlas. Mungkin Allah swt mau aku fokus sama bisnis aku sekarang, sambil belajar jadi istri yang lebih baik lagi, perdalam agama lagi, sampai sudah masa tenang baru dikasih kepercayaan. Insyallah nggak lama-lama udah isi lagi yaa…. Hehehe ๐Ÿ™‚ dikasih waktu pacaran lebih lama nih sama Allah hihi ;p

Buat para calon bunda yang mau tanya-tanya tentang masalah kandungan aku boleh langsung comment aja ya, dan para bunda yang baru ngalamin hal serupa jangan terlalu sedih dan jangan sampai stress. Karena nggak bagus buat kesehatan bunda sendiri juga akan berdampak lama untuk pemulihan kandungannya. Bunda semua harus tenang, karena bunda nggak sendirian. Harus kuat dan tetap semangat, supaya suami juga bisa tenang..
Sekarang aku lagi doyan-doyannya ngerawat diri, positifnya sih itu.. Jadi nggak terlalu kebawa situasi. Suami juga nggak jadi ngerasa baban dan ngerasa bersalah. Karena orang pertama yang ngerasa bersalah adalah suami kita bun. Jadi Bismillah yaaa semoga cepat dapat lagi dedek bayinya….

Terima kasih teman-teman semua yang udah baca postingan ini.
Terutama semua keluarga dan teman dekat yang udah selalu kasih support dan keceriaan dalam kehidupan aku sehari-hari. Love you so much guys…!XOXO

FYI: prof. yang nanganin aku namanya prof. Dr. Ichramsyah A. Rahman SPOG (K) di RS Budhi Jaya. Beliau orangnya ramah dan pembawaannya tenang. Kalau bertemu beliau bawaannya adem, penjelasannya mudah di cerna dan tidak pelit informasi. Sayang antriannya agak panjang. Beliau praktek di RS Budhi Jaya mulai jam 15.00, kalau bunda bisa datang kurang dari jam 15.00 dan sudah daftar sebelumnya kemungkinan dapat nomor antrian awal. Recommended bun. Saya suka karena hasil vonis dari prof selalu membuat kesan bahwa apapun dan sekecil apapun yang ada di rahim kita itu wajib dan berhak kita pertahankan. Semoga bunda semua mempunyai dokter yang tepat ya ๐Ÿ™‚

2 Comments

  1. Tania

    Siang mba,
    Mau tanya gimana kabarnya sekarang mba?

    Sekalian mau tanya ke mba, mba ke dokter siapa mba namanya?

    Soalnya saya juga mengalami flek selama 7 hari. Usia kandungan saya 7minggu mba

    1. deazasqiya

      Halo mba Tania. Alhamdulillah sekarang saya sudah isi lagi usia kandungan 8minggu setelah kosong kurang lebih 6 bulan.
      Setelah pendarahan yang lalu, kandungan saya dinyatakan gugur karena sudah jatuh dan akhirnya dibersihkan. Setelah itu saya hanya minum obat yang dikasih dokter (pada saat itu prof. Ichramsyah di rs. Budhi Jaya tebet), setelah habis obat saya hanya minum vitamin e secara rutin.

      Saran saya kalau sudah ada flek langsung di bawa ke dokter mba, karena ada flek yang pertanda baik dan ada juga pertanda buruk. Semoga kandungan mba sehat ya.. Amin. Tks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s