Dr. Susmeiati H. Sabardi Sp. KK terbaik untuk perawatan kulit wajah.

Dokter Susmeiati H. Sabardi Sp. Kk atau biasa dipanggil dokter Susi. Dulu beliau praktek di salah satu rumah sakit di Jakarta tapi sekarang kalau tidak salah dokter hanya praktek di kediamannya yang tepatnya di Jl. Pramuka 29 RT.01 RW. 11 Mampang Pancoran Mas, kota Depok, Jawa Barat.

Pertama kali tau tentang dokter Susi dari hasil searching di Google Dokter perawatan kulit wajah langganan artis di Jakarta, dan kutemukan beberapa pilihan tetapi yang paling ok menurut aku adalah dokter muka langganan artis Olga Syahputra karena seingat aku dulu Olga punya masalah dengan jerawat.
Setelah buka sana-sini akhirnya aku temukan tentang dokter Susmeiati atau Susi dan ternyata tanteku sudah pernah berobat ke dokter Susmeiati, dia sudah jadi pasien tetap disana dan memang hasil perawatan dengan dokter Susi bagus.

Selain itu ada banyak hal yang bikin aku yakin untuk berobat di dokter ini diantaranya, 1. Dokter Susi ini menangani banyak sekali artis ternama ibukota, 2. Berdasarkan review, produk dan alat yang beliau gunakan adalah produk luar terpercaya dan alat canggih yang ia gunakan juga bukan sembarangbpilih, srmua alat tersebut ia pilih dari hasil studynya di luar negeri, 3. Hasil nyata yang terbukti dari wajah tanteku, 4. Banyaknya pasien dokter ini dan mereka bertahan walaupun dengan harga yang tergolong tinggi.

Akhirnya aku beranikan diri dan didaftarkan oleh tanteku. Aku harus tiba di tempat praktek jam 7 pagi supaya tidak ngantri terlalu lama; nomer urut didapat berdasarkan kedatangan.

Setelah kami sampai, tanteku dapat nomer 3 dan aku dapat nomer urut 4. Dokter tiba pukul 9 pagi, jadi kami harus menunggu sebentar. Aku pikir kenapa harus datang sepagi ini kalau dokternya baru ada jam 9 pagi.. ternyata jawabannya adalah… satu orang pasien yang sedang ditangani dokter akan memakan waktu kurang lebih 15-30 menit, kebayang kan kalau aku dapat nomer urut 5, 6, 7, atau 8, bisa masuk ke ruangan jam 12 atau 1. Pengalamanku pernah suatu ketika aku datang pukul setengah 9 pagi dan mendapatkan nomer urut 8, akhirnya aku masuk ke ruangan dokter pukul setengah 1 dan baru handle beliau setengah jam kemudian karena ada proses pembersihan wajah terlebih dulu.

Di dalam ruangan dokter ada semacam alat-alat canggih untuk kebutuhan pemeriksaan dan lain-lain. Pertama dokter Susi yang aku kira sudah tua dan ternyata masih cantik itu datang dan mengambil beberapa foto wajahku untuk dijadikan acuan proses pengobatan, semacam before after mungkin. Kemudian suster perawat mempersilahkan untuk berbaring di ranjang pemeriksaan. Ruangannya bersih dan nyaman, dikelilingi cermin yang memenuhi dinding ruangan. Dokter memulai dengan melakukan penyedotan kulit mati dan kotoran-kotoran di dalam wajah dengan alat atau teknik yang disebut Dermal Infusion Acne. Sebelumnya dokter akan menjelaskan tentang kegunaan alat tersebut kepada pasien, dan memang air yang tadinya berwarna bening setelah selesai ritual tersebut jadi butek.

Kemudian setelah selesai di sedot kotoran dan melepas sel kulit mati pada wajah dokter kasih aku suntikan khusus untuk jerawat yang besar atau menonjol. Setelah selesai kemudian diberi krim Gel Luka dan diberikan wejangan untuk mengganti shampo apapun hanya dengan shampo yang beliau anjurkan, kemudian tidak memakan makanan berlemak selama perawatan. Tapi selama ini aku ngelawan untung aja nggak ada pengaruh yang signifikan.

Karena aku sedang program hamil jadi aku nggak diberi obat merah yang katanya obat itu ampuh banget buat hilangin jerawat, tanteku juga bilang gitu. Yah…mau gimana lagi, daripada enam bulan baru bisa program lagi mending jangan dipaksa deh πŸ™‚ Kemudian suster perawat menjelaskan semua krim dan obat minum yang harus aku pakai beserta kertas aturan pakainya apabila kita lupa cara pakai karena obat yang diberikan cukup banyak.

Sudah selesai semua ritual antrian panjang dan pengobatan, waktunya kita melakukan pembayaran. Aku dari awal sudah ada feeling kalau harga yang dibandrol untuk pengobatam dengan dokter Susi ini tidaklah murah, karena si tante sempat cerita kalau obat yang dia punya yang jual cuma di Amerika dan harga sebotol kecilnya hampir 2 juta rupiah. Well, ready or jot aku sudah kecemplung di dalam pengobatan super ini berharap manjur.

wpid-wp-1411443843433.jpg

koleksi obat muka dari dokter Susi.

Namaku akhirnya dipanggil oleh suster kasier, kemudian dia mengulang obat-obatan yang aku beli, sudah lengkap dan tidak ada yang salah barulah suster tersebut input untuk billing.

Bill untukku hari pertama kalau tidak salah 1.9 juta rupiah, dan bill pertemuan ke-dua 1.7 juta rupiah, bill ketiga adalah facial derma khusus acne kalau nggak salah namanya, itu 900 ribu rupiah, bill keempat 1,3 juta dan bill yang paling baru untuk facial acne biasa ditambah pembelian 3 obat jadi 400 ribu rupiah.

foto:

wpid-wp-1411443599768.jpgΒ  IMG_1060

Untuk harga memang tergolong lumayan ditambah lagi perawatan dengan dokter Susi ini harus intens, sebulan 2x, sekali kunjungan dokter sekali facial. Tapi alhamdulillah berkat kesabaran dan ketelitian dokter juga para suster perawat wajahku sangat membaik daripada sebelumnya. Setelah 3 bulan menggunakan obat dokter ini, jarang hampir tidak pernah ada jerawat besar yang timbul kecuali saat mau haid atau karena salah makanan atauuu karena aku bandel menngunakan foundation dan bedak berat. Karena dokter berpesan selama proses perawatan tidak boleh menggunakan produk apapun kecuali dari beliau. Tapi overall semuanya bagus banget… Thanks to tante Ira yang udah ngajak aku ke dokter Susi ini, akhirnya…. πŸ™‚

Oh ya, untuk tempat prakter dokter sendiri sangat sangat nyaman dan luas. Sebenarnya itu adalah rumah pribadi beliau yang dijadikan tempat praktek. Halaman ysng super luas bikin kita nggak seperti lagi di dokter muka malah lebih berasa seperti sedang rekreasi ke taman bunga. Di bagian belakang ada area tunggu seperti cafe dan ada salon kecantikan juga, kalian yang berobat disana pasti betah. Tapi aku saranin kalau kalian dapat nomer antrian panjang dan mau nunggu di cafe atau salon srbsiknya titip pesan dulu ke suster kasier supaya ngga dikira pergi atau batal, karena tempatnya emang sangat luas….hihihi

Dokter Susmeiati prakter nggak setiap hari, karena dokter sering bolak balik Jakarta-Semarang. Selain ada rumah tinggal beliau juga punya yayasan disana kalau tidak salah. Jadi ada baiknya kalau hubungi tempat praktek dokter Susi di nomer 02177202920 dan tanyakan jadwal dokter adanya hari apa aja dan jam berapa. FYI nggak usah minta nomer antrian karena kalian cuma bisa daftar nama aja kemudian datang sepagi mungkin pada tanggal yang sudah ditentukan baru deh dapat nomer antri. Buat kalian yang baru daftar lebih baik minta nomer telp salah satu suster disana untuk jaga-jaga kalau ada pertanyaan atau keluhan.

Sekian info dari aku untuk perawatan di dokter Susmeiati atau Susi. Mohon maaf sebelumnya apabila ada kesalahan penulisan kata, semoga bermanfaat dan semoga kalian yang baru daftar cepat tuntas problemnya, amien…

Bye.

68 Comments

  1. titi siahaan

    yes….pas banget tuh mbak. Mahal banget perawatan di dokter susi. saya aja pertama kali datang kena Rp. 2,9 yg kedua Rp. 3,9 yang ketiga 1,9 dan yang keempat kemarin sore Rp. 3,9an sudah berikut creamnya sih tapi menurut saya tetap aja mahaaaaaaaal….mudah2an hasilnya sesuai dengan harganya sehingga gak percuma dan buang2 waktu/duit kita perawatan di sana.

  2. titi siahaan

    blm lagi obat2 yg saya beli diluar kontrol atau perawatan,,,utk Gel luka aja Rp. 109.000/tube sun blok extra o Rp. 115.000/tube , dll ….benar2 menguras air mata…eh kantong deng!

    1. deazasqiya

      Wah! Sepertinya mba lebih mehong daripada aku yaa… Perawatan apa tuh kok bisa sampe 3jt sih…. Iyaa, semoga ampuh sama dr. Susi…

  3. deriris

    kebetulan aku pake juga niih.. dr susi paling top deh pokoknya. kulit muka lebih fresh, sehat, dan yang penting muka sm leher gak belang. intinya kalo mau sehat siih sering cuci muka. dan untuk yang berminyak banget harus sering kompres NACL.. pasti muka jadi kinclong…

  4. melda

    Tadinya aku perawatan di Natasah Skin Care, tp bukannya sesuai harapan malah jerawat sana sini. Entah krn ga cocok obat atw krn teknik perawatannya yg malah ngerusak mukaku. Ga semahal di dr.susi sih…
    Ak memang lg nyari2 dr. Yg bagus untuk perawatan kulit wajah, tp dgn harga semahal itu ada jaminan ga ya wajah kita bisa sesuai harapan ??

    1. deazasqiya

      Hi, Melda. dokter kecantikan memang untung2an, apalagi klinik semacam erha, natasha,lbc, itu kan jatuhnya pakar dokter kecantikan. Ada beberapa diantara dokter tsb yg memang dokter specialist kulit. Nah untung2an deh kan dapet dokternya. Kalau dokter Susmiati or dr. Susi ini, beliau memang dokter kulit dan sering banget study ke Belanda atau luar negeri untuk mencari teknologi ataj obat2 yang paten untuk penyakit kulit terutama jerawat, flek, atau bekas2 jerawat.
      Selama aku berobat di dr.Susi, selama 3 bulan, hasilnya muka aku jauhhh lebih baik dr sebelumnya, terbukti juga dari para pelanggan dr tersebut yang rela antri dari jam 7 pagi demi dapet nomer urut awal. Banyak banget aku kenalan dengan sesama pasien yang datangnya dari luar kota. Seperti Semarang, Jogja, Belanda, dll. Alhamdulillah mereka semua punya hasil yang bagus.
      Mungkin emg benar ya, ada harga ada hasil. Dokternya pun baik, nggak mudah menyerah. Jadi kita jg harus semangat. Semoga membantu ya, tks

  5. Eimi

    hi, mau tanya dong, dokter ini minggu buka gak ya? trus dalam 1 bulan udah keliatan belum ya hasilnya?. terus selama perawatan apa benar gak boleh pakai make up? meskipun cuma ke resepsi misalkan

    1. deazasqiya

      Halo Eimi. Untuk jadwal praktek bisa langsung telp ke kliniknya ya. Ada di comment2 sebelumnya.
      Untuk hasil sepertinya tergantung sama permasalahan kulit.. Kalau untuk make up berat pada saat masa perawatan kyknya dimana2 emang nggak dianjurin ya.. Jd mungkin kalo ke resepsi pakai make up tipis aja seperlunya. Tks

  6. Rina

    Mba aku mau nanya, awal2 pengobatan terasa gatel sama kering gak ya mba? Kok aku jadi gatel di bagian yang keringnya apalagi kalo abis dikasih krim E 😦

    1. deazasqiya

      Halo mba Rina, sorry aku missed bales comment mba, udah aku bales belum ya? hehe

      Awal2 aku berobat gak ada rasa gatel sama kering gitu mba, aman aja di kulitku. kalau memang di kulit mba terasa gatel coba di kompres aja mba pakai air infuse itu, mudah-mudahan gatalnya ngurangan, atau konsul aja telp ke dokter susi, mungkin pakai krim anti iritasi solusinyaaa.. thanks πŸ™‚

  7. Intan

    Hi, Mbak!
    Aku tertarik untuk berobat ke dr.Susi nih. Tapi masalahnya aku udah punya dokter sendiri di Jogja dan pakai cream sama sabun cuci mukanya.
    But, aku pengen banget perawatan dermal acne itu yg sedot kulit mati segala macem, tanpa harus beli cream”nya.
    Kira” bisa gak yaa?

    Thank you

    Reply asap

    1. deazasqiya

      Halo mba Intan, kalau mba sudah pakai perawatan dokter sendiri lebih baik jangan loncat2 ke dokter lainnya mba, takutnya beda penanganan dan beda obat malah bikin kacau hehehe. Kalau untuk sedot kulit mati di dr susi tanpa harus beli creamnya kayaknya bisa deh mba, tinggal nanti pada saat udah di tulisin resep cream sama stafnya pada saat pembayaran biasanya mereka tanya dulu, mau di tebus semua atau nggak? Mba tinggal bilang gak usah ditebus dulu aja, tapiii kalo abis di sedot kulit matinya kan berarti kulit lagi sensitif bgt tuh mba, biasanya harus di cover sama cream dokternya itu…. Hehehe semoga membantu ya πŸ™‚ tks

    1. deazasqiya

      Hi mas Tegar,
      Daftarnya langsung perkedatangan aja kok. Nomer antrian jg berdasarkan urutan daftarnya, makin pagi makin awal masuknya. Laki2 perempuan bisa kok… Tq πŸ™‚

      1. Leni anggraeni

        Sy udha tiga kali kesna awalnya bagus muka di kelupasin bersih tp udha ke tiga kali malah timbul flex tambah parah..mahal iya tp hasilnya malah nambah masalah awalnya cm png ngilangi jerawt eh malah ada flex dimana mana

      2. deazasqiya

        Alhamdulillah selama sy prawatan sama dokter Susi belum pernah ngelupas sih, tanteku juga malah muka kita bersih krn dokter Susi ini… Mungkin mba bisa langsung konsulin ke dokter susi aja masalah fleknya daripada didiemin ntar nggak berubah2 mba.. Hehehe

      1. deazasqiya

        Halo mba Leni,
        wahhh nggak enak banget ya malah nimbul flek. mungkin emang cocok2an juga ya mba… Kenapa nggak dikonsultasiin aja mba jadi bisa disembuhin.. Smg cepet membaik ya mba πŸ™‚

  8. linz9798

    Hy kak.. mau nany donk ..kalo obat yg dikasi sama dr.susi itu bikin ketergantungan gk?? kan biasa kalo dikasi obat sama dokter suka ketergantungan gtu.. kalo gk dipake lgi bikin kondisi wajah balik ke semula… thankss

    1. deazasqiya

      Hi,
      Alhamdulillah selama aku pake obat dokter susi nggak ada keluhan. Aku juga berhenti pake krim dan semua obatnya sejak hamil 4 bulan (karena hamil kan gak boleh kena obat2an yaa) dan nggak timbul jerawat atau flek gitu. Jadi aman aja, tergantung kulit kamu juga, kadang ada yang suka sensitif kalo lepas obat dokter kadang ada yang biasa aja. Tq πŸ™‚

  9. cynthia

    Hi mbak.. πŸ™‚
    Salam kenal yah..
    Aku mau tanya klo di dokter sus muka jd merah dan mengelupas ga yah ? Slnya aku pake dr aryani udh mahal + merah dan ngelupas sakittttt nya ga tahan.. 😦

    1. deazasqiya

      Hi Cynthia,
      Alhamdulillah selama aku berobat ke dokter susi kulit wajah aku yang dari berjerawat banyak sampai akhirnya bener2 bersih sisa bekas aja nggak pernah ngalamin kemerahan atau ngelupas.
      Sebenernya tergantung ke kulit kita masing2 sih, lebih enaknya pada saat tindakan dgn dok susi dikonsuktasikan aja langsung jadi dokter juga bs kasih solusinya. Kalau pas pake krim dari dok susi ternyata timbul kemerahan dan ngelupas, mba Cynthia bisa langsung telp ke kliniknya untuk minta arahan atau penjelasan yg harus dilakuin. Tq πŸ™‚

  10. rinnagia

    Hai mba, aku udah berobat ke natasha 5bulan, tapi ya gini muka ttp muncul jerawat2 kecil nanah gitu… Pengen sih kesana ,tapi mahal bgy yaks… He

    1. deazasqiya

      Hi,
      Aku juga dulu jerawat kecil dan bernanah. Tapi aku berobat ke dokter susi alhamdulillah sembuh dalam waktu kurang dari 3 bulan. Trus kmrn pas hamil muda jerawat tiba2 timbul besar2 dan bernanah. Krn gak boleh pake obat dokter selama hamil akhirnya aku pake sabun muka dari sebamed yang face&body, sama pake tonernya body shop yg tree tea, alhamdulillah gak pake dokter susi hilang semua jerawatnya. Sampe skrg lanjutin body shop dan sabun sebamed πŸ™‚
      Mudah2an membantu ya

  11. sakti

    hi mba.. aku baru mau coba ke dr susi nih. di sana pake purging / keluar dulu semua jerawatnya nggak?

    aku trauma bgt di dr kun, purging lama bgt n gak sembuh juga pdhl udah setahun..

    1. deazasqiya

      Halo Sakti,
      Jadi awal mula aku perawatan di dr Susi, beliau tanya sebelumnya udah ke dokter mana aja, salah satunya aku sebut dr Kun, aku cerita kenapa pindah dari dr Kun dengan alasan yg sama seperti km yaitu malah purging semua. Dr Susi malah bilang aku gak sabaran. Hehehe.
      Alhamdulillah dari awal pakai dr Susi nggak pernah ngalamin purging atau ngelupas atau kemerahan dan gatal-gatal dikulit. Sebenernya semua tergantung jenis kulitnya, nanti dr Susi akan berikan krim apa yang cocok sesuai jenis kulit dan masalahnya. Smg membantu, tq.

  12. Leni anggraeni

    Mahal jg kalo hasilnya bagus sih gpp ..ngerusak sih gampang ngebenerin yg susah..sy frustasi nih ke dokter susi hasilnya malah tambah parah..kasian pasien baru korban internet artis apaan aku tiap kesana gk prnh ktmu artis

    1. deazasqiya

      Hahahahaha iya sih nggak pernah ya liat artis, tapi saya dateng kesana pas banget perawatan bareng mba Yuni Shara, itu juga pas udah perawatan ke 7/8 kali.
      susah sih mba kalo mau sengaja ngepaspasin perawatan lagi ada artis gitu, soalnya biasanya mereka minta jadwal khusus ke dokter susi, mungkin biar nggak keliatan problem kulit wajahnya. Kalo mba mau mungkin bisa tanya pas bikin jadwal perawatan berikutnya ke mba yang di depan itu, tanyain jadwal artis yang mau perawatan trus minta dibarengin ajaa hehehe aku sih belum pernah coba, tp siapa tau berhasil :p

  13. cynthia

    Hallo mba dea..aku mau tanya lagi donk hehee aku baru mau ke dokter susi nih nanti sehabis lebaran πŸ™‚ aku mau tanya klo dr susi ada perawatan kaya laser gtu ga yah mba ? Terima kasih πŸ™‚

    1. deazasqiya

      Hallo mba cynthia. Sorry baru bs reply massg mba cynthia krn aku lg disibukin sama baby new born nih hihihi
      Dr susi spertinya ada mba, tapi bukan di laser kalo nggak salah, ada teknik lain… Aku belum nanya2 lagi sih, tapi setau aku gak di laser mba.
      Sorry ya kalo kurang jelas, tapi kalo mau lebih pasti, mba bisa lgs call ke kliniknya ya… Thankyouu πŸ™‚

  14. Maudy maulina

    Dr susi ini emang bagus bgt hehehe. Jaminan sih semua yang dtg mukanya bakal bersihan(sesuai harapan). Aku waku itu antar temenku yang jerawatanya parah bgtbgt kaya gambar di google2 huhuhu baru 3 bulan udah mulus total. Dan kebetulan pas aku nemenin dia, ketemu si cantik Raissa. Aku tanya ke suster disitu katanya raissa udah lumayan lama jd pasien dr susi

    1. deazasqiya

      Halo Febby,
      Waduhh kalo di tempat lain saya nggak tau, tapi setau saya dok Susi ada prakter di daerah Jawa, tapi tepatnya dimana saya kurang paham. Bisa coba di tfon ke kliniknya langsung yaaaa.. Makasih dear πŸ™‚

  15. alfanfebri

    Anda ingin memiliki masalah kulit? bingung harus konsultasi dengan dokter?
    Anda ingin tampil lebih cantik tanpa masalah di kulit wajah?
    Ingin baca artikel seputar kecantikan kulit? atau tanya jawab seputar kesehatan?
    kunjungi dokter kulit dhelya widasmara di Malang.
    More Information : website dokterkulithelya.com

  16. susi triana

    Mlm ka…Saya mau tanya.wajah saya kan berjerawat parah hampir semua wajah ada ka malah jd nggk PD..itu bisa bener” ngilangin jerawat sama bekasnya nggk ka.Saya sekarang pakai pembersihnya ACNES.tp tetep msh ..itu karna pembersih apa karna apa yah?,Thanks

    1. deazasqiya

      halo Adriansyah, duhh seingat saya dulu dipakainya di bagian yg berjerawat aja yaaa… tapi krn waktu itu hampir seluruh wajah berjerawat ya akhirnya semua rata kecuali daerah mata, sela hidung, dan dekat mulut, hehe.. trims

  17. Mulanne

    Aku tertarik sm dokter susi, setelah baca blog nya mbak. Ada juga temen yg mukanya bersih bgt katanya dulu pernah ke dokter susi juga cuma skg udah berenti.. Kira2 di dokter susi, bisa ga facial ga sih mbak?? Soalnya jenis kulit ku sensitif dan berminyak kadang2 berjerawat yg gede banget gitu.. gara2 facial, Jd muka sy ada bopeng, haduh trauma deh ama facial pokonya..
    Truss kalau mukanya ada bopeng dan bekas jerawat merah ke coklatan gitu biasanya gimana sih perawatannya??
    Trimakasih ya mbak info nya

  18. erco

    Ikut nimbrung donk wlwpun sy cowok gk nyaman jga ada mslh diwajah pdnya nurun hehe. sy punya lubang2 di wajah bekas jerawat dan muka jg berminyak sih tp gk bgitu parah dan dalem tp tetep aja gk pede dan ganggu bgt. Btw perawatan apa yg bagus dan bisa kembali normal gak sih??? Dan kira2 muahal ga??

  19. erco

    Ikut nimbrung donk wlwpun sy cowok gk nyaman jga ada mslh diwajah pdnya nurun hehe. sy punya lubang2 di wajah bekas jerawat dan muka jg berminyak sih tp gk bgitu parah dan dalem tp tetep aja gk pede dan ganggu bgt. Btw perawatan apa yg bagus dan bisa kembali normal gak sih??? Dan kira2 muahal ga??

  20. Andina

    Wah, makasih banyak buat infonya mbak, aku pengen perawatan di dr.susi juga nanti sebelum nikah hehehe. Aku punya masalah sama noda hitam bekas jerawat sama beruntusan gitu di dahi. Ganggu bgt. Semoga perawatan sm dr.susi nanti hasilnya memuaskan ya walaupun mahal huft.

  21. Farah

    Kalau nyembuhin jerawat akibat komedo/whitehead yang super banyak semacam bruntusan gitu kira2 ampuh ga ya? Aku lagi perawatan sama spkk di jogja baru hampir 3 minggu tapi komedo bruntusannya ga berkurang malah nambah, jadi makin stres… Kata dokterku sekarang aku jerawat karna salah kosmetik, tapi ga sabar nyembuhinnya πŸ˜… Trus tertarik pengen coba dr. Susi setelah liat2 review nya hehehe

  22. Retha

    Hai Mba Dea,

    Saya Retha, saya mau tanya di dr.Susi bisa utk mengatasi wajah yang berjerawat batu ga ya?? soalnya kl saya facial gt jerawatnya batu nya di tusuk gt pake jarum biar keluar jerawatnya.. sakit banget 😦

  23. usamah

    hi mba deazasqiya mau tanya wajahku banyak bekas jerawat yang berlubang besar besar dan kecil kecil ( serem liatnya ) juga banyak jerawat mati yang hitam hitam
    dan kalau dipencet sembarang dibagian wajah keluar putih putih berbau
    apakah lubang diwajah saya bisa hilang dan tidak berbau lagi

    1. deazasqiya

      Halo Usamah maaf baru balas karena banyak comment yang masuk.
      Wah saya nggak berani kasih komen yang ngawur takutnya nanti jadi makin parah. Sebaiknya periksakan ke dokter kulit atau klinik kecantikan supaya langsung di tangani dengan para ahlinya. Kalau sampai berbau itu biasanya sudah agak parah dan butuh penanganan khusus. Untuk lubang atau pori2 bisa di minimalisir dengan produk atau perawatan khusus juga. Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s