Motherhood Story: Nyesel nggak nurut kata dokter :( “Maafin mama ya nak……”

Ya Tuhan… Nyesel beribu ribu kali nyesel! Harusnya percaya sama dokter dan nurut sama nasihatnya. Sekarang yang kasian kan baby Celine. Sedih bangettt liat dia nggak nyaman semaleman. 

Jadi awal mulanya dari dua hari lalu. Pas lagi gendong baby Celine aku ngeliat ada beberapa bintik merah di kulit kepalanya dan di pinggiran pipi sebelah kanan. Wahhh udah mulai curiga itu mungkin alergi susu (alergi produk olahan sapi; jadi si ibu nggak boleh konsumsi makanan or minuman yang mengandung produk olahan sapi dan beberapa jenis seafood kalau nggak salah), yang dokter dulu wanti2 ke aku. Tapi karena masih bisa dihitung bintiknya, jadilah aku nggak panik, masih santai aja… Besoknyaaa, pas bangun pagi, mau aku mandiin dong babynya, wahhh! Kagetnya setengah mati! liat banyak bintik merah muda di kulit kepala baby. Mulai tuh panik, pas lagi mandi aku bersihin banget kulit kepalanya, dan selesai mandi aku pakaiin healing cream. Bodohnya aku, udah tau itu alergi susu, masih aja ngasih ASI! Harusnya puasa dulu tiga hari dan mau gak mau baby Celine minum susu formula, dan anjuran dari RSPI waktu itu susu terbaik adalah NEOCATE, selain emang buat yang alergi beberapa jenis makanan, neocate rasanya paling bisa diterima bayi kebanyakan. Kata dokter sih rasanya gak enak, tapi itu bagus biar nggak lupa sama ASI… Akunya malah sedih tau rasa susu formulanya nggak enak, kan pasti kesiksa banget minumnya šŸ˜¢ 

Ternyata bener, malamnya setelah pagi tadi aku lihat ada bintik merah, baby Celine dari jam dua tengah malam sampai jam setengah tujuh pagi reweeeel banget! Sering nangis yang kayak teriak kesel gitu, badannya menggeliat, ditaruh dikasur salah, digendong salah, maunya mimik susu tapi kadang nangis juga. Lebih begonya lagiii aku kirain baby Celine nggak suka sama susu formulanya, balik lah dengan PD nya aku kasih ASI šŸ˜« mungkin itu penyebab dia makin gila nangisnya. Tapi herannya kenapa baru jam segitu nangisnya… Kan harusnya dari siang atau sore udah bisa ngerasain gatel or apalah panas karena alergi mungkin… 

Pagi barusan bangettt setelah tadi malem uring-uringan, dikira baby Celine liat makhluk halus lah, kolik lah, kembung, dan lain lain… Ehh pas buka topi (baby Celine bobonya pakai topi soalnya kepalanya botak, takut kedinginan karena AC), kulit kepala baby Celine merahhh, ternyata bintiknya makin merah alias meradang terutama di bagian pinggiran pipi kanan. Ya Allah, shock bangettt sampai nggak peduli berapa botol stock ASIP yang ada di kulkas aku suruh buang semua! Kalau gak salah ada kali 1000 ml lebih, dari hasil pompaan tanggal 12 Agustus, aku pompa setiap botol isi 100ml soalnya. Sayang sih, tapi lebih sayang lagi sama bab Celine! 

Jadiii… Pas diinget lagi, baby Celine mulai rewel karena baby minum ASIP yang ada kandungan produk sapinyaaaa, banyak pulak! Aku makan beef lasagna yang aku beli di oh lala RSPI pas anter baby Imunisasi… Yang bikin heran, kemarin kemarin aku minum susu ultra full cream, baby Celine biasa aja, paling timbul satu-dua bintik merah dan itu normal lah… Setelah diinget lagi, layer kejunya tebelll banget, susunya pasti banyak, creamnya pasti banyak, dan lain-lain yang bikin rasanya bikin eneg sebenernya. Tapi hampir habis aku makan lasagnanya waktu itu… Nyeseeeel banget!

Aku nggak tau gimana rasanya di baby Celine, tapi yang pasti rasanya panas, gatal, dan nggak nyaman. Soalnya kulit jadi merah gitu šŸ˜¦

Langsung aja aku seka kulit kepala sampai pipinya, trus aku kasih healing cream full !!! Hampir nutupin semua kulit kepala! Kasihannn..! Keliatan banget Celine nggak nyaman.

Pelajaran nomer satu, Jangan main-main sama yang namanya alergi, karena meskipun terlihat biasa, sebenarnya itu berbahaya buat baby, karena bisa mengganggu organ dalam dan mengganggu perkembangan baby. 

Jujur ya, selama ngerawat baby Celine, baru dua kali aku panik. Pertama waktu baby Celine nangis pulang dari rumah sakit untuk pertama kalinya (panik karena kondisi rumah full orang, banyak barang bawaan, kado-kado menuhin ruang tamu, belum lagi bunga kiriman hampir ada disemua sudut ruangan, dan baby Celine nangis! Dank!!!!!šŸ˜Ø). Kedua, tadi malam, waktu pertama kalinya baby Celine nangis nggak beraturan dan nggak tau sebabnya apa, ditambah buka google dalam keadaan panik itu ternyata bahaya, karena kitanya juga baca postingan jadi nggak dalam keadaan tenang, yang ada jadi makin stress!)

Sekarang setelah dikasih healing cream dan minum susu formula dulu satu hari full ( mau nggak mau, daripada dia perih karena alergi yang makin parah) mudah-mudahan bintik kemerahannya menghilang. Amin!!!

Oh iya, mau share foto cream yang aku pake dan udah jadi andalan keluarga aku dari zaman duluuu… Cream ini emang ampuh buat urusan iritasi di kulit baby. 

 
Dioles tipis dibagian kulit yang iritasi, jangan sampai tertelan dan terkena mata. Cek dulu bahan-bahan yang terkandung di dalam cream ini, terkadang ada baby yang punya alergi terhadap bahan campuran tertentu. Aku biasa beli di mothercare, belum tau apa ada di toko perlengkapan bayi lainnya.

Semoga postingan ini bermanfaat ya moms.. šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s