Iseng. Hari-hari terakhir puasa!

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamualaikum wr wb

Alhamdulillah.. Nggak kerasa sebentar lagi puasa selesai, dan kita semuanya berlebaran. Yeay!! Inget banget tahun lalu gimana serunya moment puasa, dari mulai mikirin buat bukaan, trus masakin buat menu sahur yang paling simple, dan lagi bunting baby Celine, Hahaha. Gemes banget. Tahun lalu walaupun lagi hamil tapi semangat puasa aku wihhh nggak ada loyo nya😂 Tapi akhirnya bolong karena mesti lahiran dan nyusui. Tahun ini insyallah bolongnya karena halangan aja 4 hari kalo nggak salah… Oh sama dua kali jalan sama mama jadi batal deh😭 Alhamdulillah tahun ini semakin rajin sholat Dhuha, walaupun kadang kalau ada pesenan nasi box jadi suka kelewatan sholat dzuhurnya tapi yaaa setidaknya selalu mencoba memperbaiki ibadah. Amin amin amin
Oh ada yang mau aku share nih tentang trik puasa yang ternyata ampuh bikin berat badan stay. Enggak makin gemuk, nggak bikin kurus juga (tapi nggak tau ya, ada beberapa yang bilang sih kurusan), dan yang paling penting nggak bikin begah. Nah! gini caranyaaa 😂😂,
Pas sahur, aku kurangin minum teh, walaupun emang dibikinin segelas besar, paling cuma aku minum mentokkk lima teguk aja. Buat ngilangin kangen ajaaa hahaha. Terusss misalkan kita makan nasi, kalau aku makan nasi pas sahur itu porsinya paling cuma empat sendok makan, tapi nggak tau kenapa pas makan nasi pakai lauknya, jadi berasa banyak. Lauk yang aku makan (dari dulu) selalu yang “bersih”. “Bersih” disini maksudnya nggak bersantan, kalau bisa nggak banyak kecap, dan keliatan gampang dimakan. Udah deh pilih dua lauk yang matching, dan abisin! 😂

image

Yang suka kelupaan tapi ini fatal bangettt… Aku minum air putihnya dikittt banget atau kadang kelupaan malah! Itu nggak boleh!!! Selain bikin wajah jadi kusam, kulit jadi kering dan nggak glowing, efeknya juga kita jadi lemes dan nggak fokus karena dehidrasi. Harus minum air putih. Kalau aku sekarang ini sering di campur sama Clorophyl dari KLink. Itu buat kalian yang ngerasa kurang makan makanan berserat seperti buah dan sayuran. Fungsinya untuk menjaga kesehatan tubuh aja, sugestinyaaa… hahaha Nggak deng, tapi emang bagus buat kesehatan. Warnanya hijau pekat, bisa di campur ke segala minuman atau diminum langsung. Nggak ada rasanya alias tawar. Silahkan dicoba, solusi buat yang menu makanan sehari-hari kurang banyak konsumsi sayuran dan buah. Walaupun di menu sahur selalu ada es buah (sisa bukaan puasa kemarin) tapi aku sama sekali nggak tergiur ngeliatnya. Karena aku pikir pas sahur jangan banyak yang manis-manis deh, nanti jadinya seret… Tapi ngaruh sih, bagusan nggak banyak kena yang manis kalau sahur.

image

Next…
Berbuka puasa. Saat berbuka adalah saat yang paaaaaaling bahagia😂 Tapi itu buat bocah kali yaaa. Dulu waktu masih nggak terlalu khusyu puasa, wihhh jam maghrib itu rasanyaaa kayak nungguin dijemput pacar, deg-degan nunggunya, pas ketemu senengnyaaa minta ampun! Nah, persis ituuu… Alhamdulillah makin nambah umur, sudah banyak ngelewatin cobaan, trus apalagi sekarang sudah punya baby yang insyallah soleha, jadi mesti semakin giat membenahi diri, alhasil, waktu berbuka rasanya yaaa tidak terlalu ditunggu-tunggu lagi, bahkan kadang suka kaget ternyata sudah jam enam, karena ada aja urusannya kalau sudah handle bayi hehehe.
Waktu berbuka, aku selalu atau keseringannya minum teh. Lagi-lagi paling cuma lima teguk padahal disiapinnya pakai gelas besar hahaha. Cuma buat ngilangin kangen doaaang 😂. Lanjut makan. Nah, persoalan makan ini, aku kadang langsung makan berat, kadang makan es buah, kadang makannya nantiii pas udah selesai ngurus bayi dulu atau abis sholat. Menu makanan berbuka biasanya lebih heboh ketimbang menu sahur, karena lagi tinggal sama ortu ya jadilah buanyak banget sajiannya. Tapi aku nggak kalap gitu. Nasi dengan porsi yang sama seperti sahur (empat sendok makan), trus lauknya pilih dua macam, udah deh makan. Aku tetap menjaga “kesederhanaan” dalam segala aspek. Berbuka walaupun lauk berjibun, kan nggak mesti semua lauk ditaruh di piring 😂. Itu juga cara menghindari rasa over load, yang efeknya dada sesak, kekenyangan, ngantuk dan lain sebagainya. Inget, pesan agama kita, jangan melakukan sesuatu terlalu berlebihan. Termasuk acara berbuka puasa.
Ini juga! Abis makan and bla bla bla aku selaluuu kelupaan minum air putih. Kalau ini ada sebabnya, karena banyak minum air dari es buah, jadilah aku semakin nggak inget air putih sampaiii besok sahur. Haduhhh, tau nggak efek paling parahnya apa? Jerawatan di dagu! Haduhhh sejak saat itu, aku selalu minum air putih dua gelas strike! Wisss… Emang sehat itu kita yang niat, kita yang mau.

Kenapa kok makan cuma ngambil nasi empat sendok makan?
Itu bukan aku yang nentuin, awal mulanya aku makan dengan porsi lebihhh banyak dari itu dan bisa nambah lagi. Tapi basicnya, aku dari zaman ABG emang makannya sedikit, dan pas kemarin-kemarin sempat kebablasan, aku cepat-cepat sadar diri. Karena paling nggak suka efek begah kalau selesai makan kebanyakan. Akhirnya aku dengan sendirinya pas lagi ambil nasi, satu centong (rata ya, bukan yang menggunung) itu udah pas bangettt!
Jadi kuncinya, moment puasa ini jangan dirubah atau dianggap berbeda dari hari-hari kemarin sebelum puasa. Dan, setelah puasa nanti juga jangan berubah lagi, konsisten aja dengan nasi sebanyak takaran biasanya dan lauk secukupnya. Kalau bisa nggak perlu kayak “meledak” gitu, kebanyakan lauk juga gak bagus, kebanyakan nasi juga gak bagus.

image

Well, udah waktunya subuh, aku pamit duluuu! Lagi maskeran juga hahaha, udah mulai ngantuk, tapi mau sholat dulu. Selamat puasa ya manteman. Semoga bacaannya ada manfaatnya, amin

Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s