Recomended : Nasi Kapau Kedai Pak Ciman, Authentic Traditional International Foods #KulinerBintaro

Nasi Kapau Kedai Pak Ciman, ada di Bintaro Avenue gak jauh dari pintu exit tol bintaro. Astaga ini review kuliner TERSINGKAT yang akan aku buat saking nggak bisa bekata apa-apa lagi. INI ENAK! Udah gitu aja dulu.

Buat kalian yang awam sama nasi kapau sama persis kayak aku, kalian bisa bayangin nasi Padang versi lebih lengkap dan lebih ENDULITA! Harga kisaran Rp 50.000 – Rp 100.000 lah ya, tergantung seberapa banyak kita ambil lauknya.

Menu andalan mereka aku rasa di usus sapi nya deh, yang mereka ganti isinya pakai campuran tahu gitu, aku gak tau bener apa enggak tapi pas aku coba emang teksturnya itu usus isi tahu. Enak bangettt… Telur dadar yang bulet dimasak langsung depan muka kita ya Allah seenak itu! Kayak mini fuyunghai tapi ini telor. ADUH CRY! Aku masih di kantor dan kebayang menu mereka.

Ada lagi yang enak. KIKIL PETE, astaganaga nagis darah! Kenapa mereka bisa bikin makanan seenak itu. OMG! Biasanya nih, aku kalau makan nasi Padang menunya ayam pop, atau ayam gulaigulai otak sapisambal hijaukikil (itu juga liat-liat dulu kalau aluuus banget baru mau, kalau yang alot keras gitu enggak deh…), gulai cincanggulai tunjang, dan masih banyak lagi…

Selain disini yang aku akuin enak adalah PAGI SORE dan GARUDA, udah itu aja yang menurut aku endes pol! Balik lagi ke Nasi Kapau. Semuanya santan, jelas… Jadi kalau kalian punya riwayat kesehatan yang nggak boleh makan santan banyak-banyak, tenang… masih banyak menu kering atau goreng lainnya yang gak pakai santan kok. Di Nasi Kapau Pak Ciman ini, ikan bakarnya juga Masyaallah enak bangettt… hahaha (ini gue bikin blog tentang makanan Pak Ciman 100% honest review ya…)

Ada beberapa perbedaan antara nasi kapau dengan nasi padang?.

Pertama, nasi kapau dijual oleh orang asli Kapau. Kapau adalah nama nagari (desa) yang terletak di Kabupaten Agam. Warga lokal menyebut “warteg” ini sebagai “rumah makan nagari kapau”. Perbedaan lainnya terletak dari sisi menu. Menu di rumah makan padang dipajang di etalase. Lain halnya dengan nasi kapau.

Nasi Padang, Menu di susun di etalase.

“Menu nasi kapau dipajang di atas meja, letaknya lebih rendah dari si penjual. Kalau nasi padang etalasenya lebih tinggi. Oleh karena itu, pelancong yang ingin mencicipi nasi padang bisa langsung memilih menu dari etalase kaca. Lain halnya dengan nasi kapau, kita harus masuk dahulu ke restorannya untuk memilih menu.

Nasi Kapau, menu disusun rapih di meja.

Bagaimana soal rasa, apakah ada perbedaan antara nasi padang dan nasi kapau?

Ada satu hidangan yang punya cita rasa berbeda. Gulai Kapau, begitu nama hidangannya. Bahan dasarnya kol, nangka, dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning, dan ada cita rasa sedikit asam. Itu yang otentik. Gulai Kapau disantap bersama satu lauk. Tinggal pilih apakah olahan ikan, ayam, daging, atau hidangan khas Kapau lainnya yakni rendang ayam.

Gulai tambunsu adalah salah satu hidangan khas wilayah Kapau, Sumatera Barat. Ini merupakan hidangan berbahan dasar usus sapi yang dimasukkan adonan telur dan tahu. Hal itu dibenarkan pakar kuliner Minang sekaligus penulis buku “Rendang Traveler: Menyingkap Bertuahnya Rendang Minang”, Reno Andam Suri.

“Rendang merupakan cara memasak, bukan makanan. Tiap daerah di Sumbar punya rendang khas masing-masing. Kapau misalnya, yang khas adalah rendang ayam,” – Uni Reno

Jika Anda berdomisili di Jakarta, cobalah datangi deretan gerai nasi kapau di Jalan Kramat Raya, tepat di bawah flyover. Pada bulan Ramadan, mayoritas gerai nasi kapau sudah buka sejak pukul 15.00 WIB hingga dini hari keesokan harinya. Cobalah berbuka puasa, atau makan sahur di salah satu gerainya. Temukan perbedaan menu, rasa, dan tampilan nasi kapau dengan nasi padang pada umumnya! Aku pernah beberapa kali mencoba masakan Kapau di tempat ini namanya Uni Anik kalau nggak salah, sayangnya aku gak terlalu kuat kena panas dan polusi jalan raya, jadi makanan nikmat tapi kurang nyaman aja…

Kalau mau agak bela-belain dikit ya ke arah Bintaro gaes, di Bintaro Arcade ini. Berikut alamat dan no telpon yang bisa kalian hubungi.

Bintaro Avenue, Lantai 2
Jl. MH Thamrin Blok A2 No. 1, Bintaro, Tangerang Selatan

Buka – Jumat (07:00 – 22:00)   021 22215800021 22215761

Cuma kalian harus sabar kalau antrian panjang, karena yang mau makan disini juga banyak. Ada fasilitan indoor dan outdoor. Kalau mau indoor aku sarankan telpon dan booking table dulu aja, biar kebagian tempat karena banyak banget yang mau duduk di indoor tapi ruangannya terbatas. Lokasi Kedai Pak Ciman ini ada di lantai 2 yaaa…

Semoga artikel ini membantu kalian yang lagi cari referensi makanan nusantara yang enak parah!!! Buat kalian yang doyan makanan Badang atau yang bersantan, wah inilah surganyaaa! Abis makan banyak jangan lupa minum air jeruk ya, jangan pakai gula biar netral lagi lemak-lemak membandel nya.

Silahkan komen, like, atau mau tanya-tanya juga boleh… Bisa email aku atau komen di Direct Message Instagram aku, dengan senang hati aku balas! Cio.

Salam.

XO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s