Sharing tentang Program Hamil (Hydrotubasi)

Halo! Kali ini aku mau bahas sedikit tentang pengalaman aku (dulu) pada saat program kehamilan dengan hidrotubasi. Buat kalian yang lagi mendambakan keturunan pasti semua cara pengen dilakuin ya kan? Berikut ini salah satu terapi yang pernah aku lakuin, dan alhamdulillah berkat bantuan prof. dr. Ichramsjah yang SUPER DUPER BAIK HATI dan SABAR dan TELATEN, aku berhasil mendapatkan baby cantik yang sekarang usianya udah masuk ktiga tahun empat bulan dan dalam keadaan sehat walafiat… cek instagram baby ku CELINE RAMADANTY ❤

Hidrotubasi adalah salah satu cara untuk memeriksa dan mengobati kebuntuan saluran telur.

Cara pemeriksaannya ialah dengan memasukkan cairan yang mengandung antibiotik dengan alat yang disebut hidrotubator, melewati vagina, mulut rahim, leher rahim, rahim hingga saluran telur.

Jika tidak mengalami kebuntuan, cairan dapat melewati saluran telur.

Jika mengalami sumbatan sebagian atau penciutan, cairan masih bisa masuk, tekanan balik cairan meningkat.

Jika mengalami kebuntuan total, cairan tidak dapat masuk dan mental semua, tekanan balik cairan menjadi maksimal.

Pemeriksaan dilakukan pada hari ke 9-10 dihitung dari hari haid pertama dan tidak dilakukan pada saat menstruasi.

rahim.jpg (640×472)

Kenapa bisa mampet sis? (pertanyaan yang sering aku denger, dan kebetulan juga aku dulu tanya ke dokter Ichramsyah, kenapa bisa mampet?)

Mungkin ini karena faktor gaya hidup juga, bisa jadi dari makanan, minuman, asap rokok, alkohol, kurang tidur, kurang olahraga, kelebihan berat badan, dan lain sebagainya. jadi aku sendiri juga gak dapat gambaran pastinya apa penyebab saluran ini bisa tersumbat. Aku sarankan agar kalian lebih detail lagi saat melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan atau obgyn kalian. Penting banget untuk milih obgyn yang sesuai sama karakter kalian. Buat aku, obgyn itu harus sabar dan royal informasi ke pasiennya karena kita butuh banyak informasi terkait kandungan kita. Bersyukur kalau kandungan kita dalam keadaan baik-baik aja, biasanya kalau lagi ada trouble kita pasti pengen banyak tau dong. Nah masalahnya nih kadang kita suka dapet dokter yang gak banyak ngomong tapi langsung bertindak. Ada loh, yang suka dokter yang sedikit bicara tapi tindakan dalam penanganan kasusnya bagus. Sebenernya gak masalah juga… Yang jelas kita juga harus kritis dengan apa aja tindakan yang mau diambil juga obat atau vitamin apa yang diberikan ke kita.

Setelah ketahuan ada sumbatan kita jadi paham apa yang harus di kerjakan selanjutnya. Saya tetap minum folavit karena memang baik buat diminum sebelum dan pada saat masa kehamilan. Ada banyak suplemen yang bagus buat kandungan, Mother dari Nutrimax juga aku minum. Belum habis 1 botol alhamdulillah udah isi, malah sempat keguguran di kehamilan yang pertama usia 13 minggu. Jeda 6 bulan, alhamdulillah dikasih kepercayaan lagi buat hamil.

Banyak yang bilang proses hidrotubasi ini sakit, tapi alhamdulillah di aku kemarin enggak sakit sama sekali. Jadi mungkin kalian harus make sure tentang rumah sakit, klinik, atau tempat yang kalian pilih dengan baca-baca review di Google dan lain sebagainya. Salah satu faktor kenapa aku gak sakit juga karena aku dibius total, jadi pas aku bangun, bener-bener bangun pas tindakan udah selesai. Aku denger dokter Ichramsyah bilang kalau emang ada sumbatan di jalur rahim aku, sehingga cairan yang dimasukkan nggak semuanya masuk ke dalam. Nggak sedih sih, karena aku tau pasti ada solusi. Bayangin dong, aku sampai sempat mikir buat inseminasi kalau beberapa bulan lagi nggak hamil juga. Karena aku pikir pasti ada yang bermasalah kalau sampe lebih dari enam bulan nggak hamil.

Inseminasi adalah teknik dalam dunia medis untuk membantu proses reproduksi dengan cara memasukan sperma yang telah disiapkan ke dalam rahim menggunakan kateter. Hal ini bertujuan membantu sperma menuju telur yang telah matang (ovulasi) sehingga terjadi pembuahan.

inseminasi-buatan.jpg (400×314)

Jadi kalo inseminasi itu prosedurnya seperti memasukkan alat berupa selang/ pipa/ sedotan aku gak ngerti deh bentuk spesifiknya kayak gimana, tapi yang jelas, selang itu membantu sperma untuk masuk ke dalam rahim dengan sempurna. Itu juga sperma nya sudah di pilih dulu yang bagus-bagus, supaya nggak sia-sia proses inseminasinya.

Harga sekali hidrotubasi dulu kalo nggak salah ga sampe 2 juta sih, tapi detailnya aku lupaaa banget. Tapi rumah sakit ini terkenal karena dokternya yaitu :

Prof. DR. Dr. H Ichramsjah A. Rahman, SpOG(K)

Guru Besar Obstetri dan Ginekologi Orang-orang yang berupaya sungguh-sungguh dalam (mencari keridhaan Kami, niscaya akan Kami tunjuki mereka jalan-jalan Kami. [QS Al Ankabuut:69] Guru besar ini mengkhususkan diri pada bidang ilmu obstetri dan ginekologi, khususnya bidang Endoktrin Ginekologi. Saat ini menjadi Ketua Pengurus Besar Perkumpulan Menopause Indonesia (PB PERMI), dan juga Ketua Umum Pengurus Besar Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PB PEROSI) serta Penasehat PERWATUSI (Perkumpulan Warga Tulang Sehat Indonesia). Di tingkat Internasional berperan pada International Osteoporosis Foundation (IOF) dan International Menopause Society (IMS). Beberapa penghargaan yang didapat : ƒ Piagam Penghargaan Sudjono Djuned Pusponegoro dalam bidang karya ilmiah kedokteran dari Pengurus Besar IDI (1992) ƒ Satyalencana Karya Satya 25 tahun (2002) ƒ Surat Penghargaan dari Universitas Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan Program Pascasarjana dengan predikat Judicium Cumlaude (1999) Banyak tulisan dan penelitiannya yang pernah dipublikasikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, beberapa diantaranya yang berupa buku : Peranan Olahraga dalam Obstetri dan Ginekologi; Buku Kesehatan dan Olahraga, Balai Penerbit FKUI (1984); Perubahan Tubuh Menjelang Menopause dan Gejala serta Tanda yang Menyertainya, Menopause: Masalah dan Penanggulangannya, Edisi Kedua, Balai Penerbit FKUI (2000); Masalah Menopause, Seri Buku Populer; Kelanggengan Usia Lanjut, Balai Penerbit FKUI (1991). Dalam bidang pekerjaan pernah menjabat sebagai Ketua Biomedis Terapan Makmal Terpadu Imunoendokrinologi FKUI (1986-2005); Kepala Perpustakaan FKUI (2005-April 2008); Anggota Senat Akademik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Jakarta 2004-2008; Kepala Instalasi Bedah Pusat RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo (1994-2000); Wakil Direktur Pelayanan Medik RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo RSCM/FKUI (1999-2001); Keanggotaan Tim Pengkajian Masa Depan Pendidikan Tinggi Departemen Pendididkan Nasional, Jakarta tahun 2004. Saat ini menjabat Ketua Komisi A Dewan Guru Besar Universitas Indonesia sejak tahun 2007 dan Anggota Tim Penilaian Angka Kredit Jabatan Fungsional Dosen di DIKTI sejak tahun 2006. Profil Guru Besar UI Telah membimbing penelitian untuk Program S2 (Tesis) sebanyak 21 orang dan Program S3 (Disertasi) sebanyak 3 orang dan dalam persiapan bimbingan S3 sebanyak 2 orang.

RSIA Budhi Jaya, rekomendasi langsung dari nyokap gue. Karena nyokap dulu sempet cek kandungan kesana dan asli bagus banget. Kalau rumah sakitnya sih biasa aja, malah jauh dari kata mewah. Cuma karena dokter inilah aku harus sabar ngantri berjam-jam. Tapi bener-bener worth it!

Ini alamat dan no telpon RSIA Budhi Jaya 

Jl. Dr. Saharjo No.120,
Menteng Atas, Jakarta Selatan
12960

(021) 829 2672   (021) 831 2378
(021) 831 1722   (021) 831 9179

Barusan gue baca tentang “Biaya Inseminasi per bulan Maret 2018” ini di daerah Bandung sekitar 9 Jt – 10 Jt. Duluuu pas tahun 2013 – 2014 masih 5 jutaan. Ya ampun… bikin anak sekarang makin mahal ya gaes.

Bedanya Bayi Tabung sama Inseminasi apa ?

Kalau bayi tabung itu kan udah jelas yaaa proses pembuahannya di luar rahim kemudian dimasukkan kembali ke rahim, nahhh tinggal hoki-hokian deh tuh berkembang apa enggak dari hasil pembuahan nya. Mahal? Ya iyalah… kan pake teknologi super canggih, masa mau murah… hehehe

Kalau inseminasi, cuma dibantu milihin sperma yang bagus-bagus sama dimasukin ke dalam vagina pakai alat bantu yang kayak selang. Tujuannya supaya nggak susah spermanya masuk ke dalam rahim. Kalau mau jelasnya kalian bisa baca sedetail-detailnya di Google ya…

Semoga postingan ini membantu ya buat kalian yang masih mendambakan buah hati. Jangan gampang patah semangat. Tapi yang terpenting adalah kita harus siap dulu, karena punya anak itu tanggung jawabnya besar, gak cuma karena “kepengen” doang. Kita jatuhnya kayak ngabdi sama anak kita, karena mau jadi seperti apa anak kita, itu tergantung kitanya yang bentuk. Semoga segera diberikan keturunan yang baik budi dan yaaa… Amin

Luvs!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s