PENTINGNYA KOLAGEN BAGI TUBUH KITA. WAJIB BACA!!! + REVIEW TERJUJUR!!!

Dear friends,

Kali ini aku mau bahas tentang kolagen. Dari mulai jenis-jenis kolagen itu apa aja, cara menggunakannya bagaimana, efek samping, manfaat kolagen, dan lain sebagainya!

Mungkin masih banyak yang gak paham tentang apa itu kolagen. Sebetulnya akupun bukan yang expert untuk menjelaskan apa itu kolagen, tapi dari hasil research tentang kolagen, dan dari hasil penggunaan rutin – nggak rutin, akhirnya aku bisa ambil kesimpulan dan menyampaikannya di blog ini. Baca terus yah, aku yakin ini berguna banget buat kalian!

Kolagen itu apa sih? Well, Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan.

k

Bahan dasar Kolagen apa ya? Berdasarkan bahan bakunya, kolagen dibedakan menjadi kolagen dari hewan darat dan kolagen dari hewan air. Penting untuk mengetahui hal ini karena berbeda bahannya, maka berbeda pula daya serapnya. Produk berbahan baku hewan darat biasanya berharga lebih terjangkau. Bagi kalian yang ingin berhemat, tidak ada salahnya untuk mencoba produk ini.

Sedangkan produk berbahan dasar hewan air memiliki daya serap yang lebih tinggi karena ukuran molekulnya yang lebih kecil. Bagi Anda yang ingin segera merasakan manfaat suplemen kolagen yang Anda konsumsi, pilihlah suplemen kolagen dengan bahan yang bersumber dari hewan air.

Akan lebih baik lagi bila kolagen tersebut terbuat dari kulit ikan, bukan sisik ikan. Pengolahan kolagen berbahan sisik ikan umumnya menggunakan asam klorida karena tekstur sisik ikan yang keras. Meskipun tetap aman untuk dikonsumsi, ada kemungkinan ikatan peptida kolagennya telah rusak. Akibatnya, Anda tidak akan mendapat manfaat kolagen meski kolagen telah diserap tubuh.

Sekarang ini, banyak juga produk suplemen kolagen dengan bahan baku hewan darat yang memiliki molekul halus dan berdaya serap tinggi. Jadi, perlu Anda catat bahwa tidak semua kolagen berbahan dasar hewan air adalah yang paling berkhasiat.

Notes!! Sebelum membeli, silakan baca review dari konsumen sebagai bahan pertimbangan.

So! Kolagen katanya gak halal? Kolagen bisa didapatkan dari bahan nabati dan hewani (darat dan air) Untuk sumber yang berasal dari hewan darat, biasanya diambil dari tulang rawan babi atau sapi. Untuk babi jelas status hukumnya haram dan najis, sedang untuk sumber yang berasal dari sapi harus dilihat status kehalalan sembelihannya.

Seberapa penting sumplemen Kolagen untuk tubuh kita? Suplemen kolagen boleh dan baik dikonsumsi, dengan syarat kita harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan ahli gizi untuk menentukan apakah kita memang memerlukan tambahan kolagen dari suplemen atau tidak. Dalam memilih suplemen kolagen, kandungan kolagennya harus sesuai dengan takaran kebutuhan tubuh Anda.

Sebelum membeli perhatikan keterangannya. Beli berdasarkan fungsinya, secara umum suplemen kolagen dibagi menjadi dua jenis, yaitu untuk mempertahankan kecantikan kulit dan menjaga kesehatan sendi. Berbeda fungsi suplemen, maka berbeda pula jenis kolagen yang dikandungnya.

Manfaat yang akan diterima (secara teori) :

  1. Meningkatkan sirkulasi darah. Semakin lancar peredaran darah Anda, semakin banyak oksigen dan nutrisi yang dikirim ke kulit sehingga penampilan kulit Anda tampak sehat, muda, dan bercahaya.
  2. Menyembuhkan luka dan cedera. Suplemen kolagen dapat mendorong massa otot untuk meregenerasi dan membantu Anda lebih cepat pulih dari cedera akibat olahraga.
  3. Dapat meringankan nyeri Rematik. Suplemen kolagen dapat meningkatkan kelancaran mobilitas sendi dan mengurangi rasa sakitnya.
  4. Mengurangi selulit. Suplemen kolagen dapat membantu mengurangi selulit langsung dari dalam tubuh, berfungsi mempromosikan percepatan proses perbaikan dan regenerasi dari serat dalam kulit yang rusak.
  5. Mengurani keriput dan garis halus. Penggunaan krim anti-aging dan sunblock serta suplemen kolagen dapat membantu mengurangi gejala penuaan dini, termasuk untuk membantu proses penyembuhan dan perbaikan jaringan kulit.

    Selain itu, suntikan kolagen di dokter kulit dapat digunakan sebagai filler untuk memperbaiki kontur kulit wajah yang kendur dan berkeriput akibat penuaan, serta menghapus bekas luka dangkal (termasuk bekas jerawat).

  6. Meningkatkan kesehatan rambut. Kolagen berfungsi melawan radikal bebas yang dapat memengaruhi tekstur, pertumbuhan, dan ketebalan rambut Anda.

Sebenarnya, konsumsi kolagen secara rutin belum terbukti secara medis dapat mempertahankan kecantikan kulit atau menjaga kesehatan sendi. Namun, sudah banyak produsen suplemen kesehatan yang melakukan riset sendiri pada produknya.

Notes!! Sebelum membeli, silakan baca review dari konsumen sebagai bahan pertimbangan.

Efek samping dari penggunaan Kolagen  ?

  1. Kadar kalsium yang tinggi atau hiperkalsemia kemungkinan dapat terjadi karena efek samping dari suplemen kolagen. Tablet kolagen yang berasal dari sumber laut, seperti tulang rawan ikan hiu, mengandung kalsium dalam jumlah tinggi, yang secara signifikan dapat meningkatkan kadar kalsium orang yang mengonsumsi suplemen ini. Terlalu banyak kalsium dalam tubuh menyebabkan konstipasi, nyeri tulang, kelelahan, mual, muntah dan irama jantung yang tidak normal.
  2. Dilansir dari National Institute of Allergy and Infectious Diseases, reaksi hipersensitivitas terjadi sebagai respon tidak normal dari sistem kekebalan tubuh terhadap alergen seperti makanan, obat-obatan, dan suplemen.
  3. Suplemen kolagen yang terbuat dari sumber laut biasanya meninggalkan rasa dan bau tidak sedap pada mulut orang yang mengonsumsinya. Minum jus buah bersama dengan suplemen kolagen dapat mengurangi bau tidak sedap di mulut.

097202000_1446449198-20151102-Ilustrasi-Lemon3

Periksa juga bahan pendukung lainnya sesuai manfaat yang ingin didapatkan. Jika ingin mempertahankan kecantikan kulit, pilihlah yang mengandung vitamin C dan kelompok vitamin B. Fungsi vitamin C adalah menekan pembentukan melanin penyebab bintik hitam pada kulit. Sedangkan vitamin B berfungsi menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Selain itu, berbagai bahan tambahan seperti polyphenol untuk mencerahkan kulit, ceramide dan royal jelly untuk melembapkan kulithyaluronic acid untuk memperhalus gerakan sendi dan sebagainya, bisa didapatkan melalui suplemen kolagen. Untuk hasil sesuai harapan, pilihlah kandungan pendukung kolagen sesuai dengan kebutuhan ya!

Apa saja bentuk kolagen yang dijual dipasaran ? Suplemen kolagen yang banyak beredar di pasaran berwujud tablet, kaplet, kapsul, cair, dan bubuk.

  • Kelebihan dari suplemen kolagen berwujud tablet, kaplet, dan kapsul adalah mudah dikonsumsi dan praktis untuk dibawa-bawa. Kekurangannya adalah kuantitas kolagen yang dikandung tidak banyak karena ukurannya yang kecil.
  • Suplemen kolagen berbentuk cair atau minuman juga praktis karena dapat langsung dikonsumsi setiap saat Anda membutuhkannya. Akan tetapi, suplemen kolagen dalam bentuk minuman tidak cukup ramah lingkungan karena umumnya dikemas dalam botol plastik atau kaca.
  • Selanjutnya adalah suplemen kolagen berwujud bubuk. Kelebihannya adalah dapat dicampur dengan berbagai makanan atau minuman. Jadi, Anda tidak akan merasa bosan dengan rasanya. Kekurangannya adalah merepotkan untuk dibawa ke mana-mana. Terutama apabila Anda termasuk orang dengan mobilitas yang tinggi.

Banyak orang menganggap semakin tinggi kandungan kolagen pada sebuah produk suplemen, maka semakin baik. Namun, sebenarnya tidak ada takaran pasti mengenai kuantitas konsumsi kolagen yang ideal karena kebutuhan harian kolagen setiap orang berbeda-beda.

Daripada memperhatikan kuantitas kolagen, akan lebih baik jika menitikberatkan pada daya serap suplemen kolagen dan kandungan bahan pendukung di dalamnya. Nah, bagi kalian yang menginginkan suplemen kolagen dengan banyak kandungan pendukung, pilihlah suplemen kolagen berwujud minuman.

TERBUKTI !! Aku pernah posting review produk Kolagen yang aku titip beli di Jepang! Silahkan baca yah (klik link) https://deastyzasqiya.wordpress.com/2018/12/05/best-collagen-so-far-produced-by-chocola-bb-eisai-chocola-bb/ Jadi di blog sebelumnya, aku sudah jelaskan segimana maha dasyatnya kolagen bisa memperbaiki kulit, kuku, dan rambut! Ini bener gak hoax dan gak dibayar juga untuk tulis review ini. Dan yang perlu kalian tahu, suplemen di Jepang itu rata-rata busui dan bumil friendly (aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui gengs…) ^^

Blog berikutnya :

  • Kolagen dari bahan alami.
  • Perawatan kecantikan yang menggunakan kolagen.

One Comment

Tinggalkan Balasan ke tentangduniawanita Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s