Tips Merawat Kulit Sehat! *Secret Revealed : Rahasia Kulit Tampak Lebih Putih!*

Kulit sehat gak melulu yang warna kulitnya putih. Bukan juga yang gak pernah bermasalah sama sekali. Jadi jangan berkecil hati dulu, masih ada banyak cara untuk membuat kulit kita sehat, bersinar, dan wangi seharian. Mau tau gimana caranya? Yuk! Baca terus postingan ini.

Kulit putih = Kulit Sehat ??? Ini Old School banget! Zaman Now itu Kulit Sehat adalah Kulit Terawat dengan Baik. Banyak dari kita yang mengira, dengan memiliki kulit putih artinya kulit kita sehat. Bisa jadi memang kulit putih adalah kulit yang sehat, tetapi bukan berarti kulit yang tidak putih berarti tidak atau kurang sehat. Itu semua tergantung dari kadar air yang melembapkan kulit kita, sehingga kulit tampak bercahaya. Yuk dibaca lagi, supaya aku bisa bantu kalian memiliki kulit sehat dan terawat 🙂

Pada dasarnya, lapisan kulit kita akan melakukan regenerasi setiap 27 sampai 30 hari. Jadi, pada masa itu, sel kulit mati akan menumpuk, menyatu dengan debu, kotoran, minyak, paparan AC, paparan sinar matahari, polusi, dan hal buruk lainnya yang dapat menyebabkan penampakan kulit kita jadi terlihat kusam dan tidak menarik. Lebih parahnya lagi, bagi kulit sensitif hal tersebut dapat memicu timbulnya penyakit atau alergi seperti kulit mudah iritasi, gatal-gatal, kering dan mengelupas, dan lain sebagainya (masih banyak lagi untuk istilah kedokterannya).

Hal tersebut tentu dapat diantisipasi dengan cara, rajin membersihkan kulit kita, (di akhir blog akan aku share gimana aku ngerawat kulit tubuhku *special edition* lol). Ada beberapa cara yaitu:

1. Membersihkan tubuh (lebih baik lagi keramas apabila telah beaktivitas di luar ruangan seharian) dua kali sehari. Hal ini guna menghilangkan debu, polusi, dan kotoran lainnya yang menempel di tubuh kita. Pilihlah produk pembersih tubuh yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit. Wangi yang segar dapat mengembalikan mood kita loh! 😉

2. Gunakan pelembab. Hal ini wajib dilakukan karena dapat membantu kulit agar tidak kering dan melindunginya dari cuaca atau faktor lingkungan yang dapat merusak kulit kita. Selain itu, ahli kulit sehat menyatakan bahwa memberikan pelembap pada tubuh dan wajah juga dapat membantu kulit mempertahankan tingkat kelembapan alaminya. Tips yang biasa aku lakukan setelah mandi (*masih pakai handuk nih yaaa) : Dimulai dari Toner + pelembab wajah > pelembab tubuh > pelembab rambut (cuci tangan dulu setelahnya, karena mau make up dan wajah aku sensitif jadi harus bebas produk lain.) > last, hand & nail cream.

3. Perlindungan tabir surya. Cek pelembab kalian, apakah sudah dilengkapi dengan tabir surya alias sun block ? Penting sekali untuk melindungi kulit kita dari paparan sinar matahari, sekalipun kita tidak beraktivitas di luar ruangan yang melibatkan sinar matahari langsung. Hal ini wajib untuk teman-teman ketahui yaaa, sinar matahari dapat merusak lapisan kulit kita dan dapat dengan mudahnya membuatnya kulit tampak kusam, keriput, dan menyebabkan masalah kulit lainnya. Gunakan krim pelindung sinar matahari atau tabir surya, meski saat cuaca mendung setidaknya dengan SPF 15. Biasanya di pelembab banyak yang sudah dilengkapi dengan SPF. Gunakan tabir surya 15-20 menit sebelum keluar dari ruangan, juga 2 jam sesudahnya apabila kita masih berada di luar ruangan dan terkena matahari langsung.

Kulit sehat bisa dilihat dari 4 hal ini:

1 . Warna kulit merata / Rona kulit : Meski setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda-beda, ada yang putih, sawo matang, gelap, kuning langsat, namun kondisi kulit yang tidak sehat dapat ditandai dengan perbedaan warna (pigmentasi) yang menyebar di permukaan kulit. Misalnya flek cokelat akibat paparan sinar matahari, noda bekas jerawat, bercak putih, kemerahan pada kulit, hal-hal tersebut yang memberikan tanda bahwa kondisi kulit kita sedang tidak sehat (tidak secara keseluruhan, hanya di bagian-bagian yang terlihat perbedaannya). Segera datang ke dokter kulit untuk mendapatkan obat yang sesuai.

Rona kulit yang kusam dan lingkaran gelap di sekitar mata juga bisa menandakan bahwa kulit Anda kelelahan dan mengalami dehidrasi.

2. Tekstur kulit : Kulit yang sehat akan terasa kenyal, lembut, dan halus (seperti pantat bayi🍑). Namun jika sebaliknya, kulit terasa kasar seperti ada benjolan-benjolan kecil, berkeriput dan mengendur, ini menandakan kulit kita bermasalah. Biasanya kulit kasar disebabkan oleh jerawat atau bekas jerawat, komedo, keriput dan iritasi kulit.

Biasanya kulit kasar disebabkan oleh jerawat, bekas luka, komedo, keriput, atau iritasi.

3. Kulit lembap : Kulit yang asupan air nya terpenuhi akan menjadi lembab dan sehat. Air menjaga keseimbangan sebum di permukaan kulit, sehingga mencegah munculnya jerawat atau kulit berminyak yang berlebih, serta berperan penting dalam memproduksi kolagen. Sedangkan kulit yang kekurangan air, umumnya terasa kering sehingga muncul tanda-tanda penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya.

Kulit kering biasanya mudah gatal dan bersisik atau mudah kering dan mengelupas.

4. Sensasi pada kulit : Jika kulit Anda sehat, tidak akan timbul sensasi aneh atau tidak nyaman pada kulit. Sebaliknya, jika kulit Anda bermasalah, mungkin Anda akan merasakan gatal, sensasi panas terbakar, atau kencang seperti tertarik. Pernah??? Aku juga pernah kok… dulu.

Sensasi tersebut biasanya muncul akibat penggunaan produk perawatan kulit atau kosmetik yang terlalu keras bagi kulit Anda atau justru kulit yang dehidrasi karena kurang nutrisi.

Bagi yang menggunakan produk tertentu, dan menimbulkan sensasi tidak nyaman, hal ini disebabkan oleh zat yang sifatnya terlalu keras bisa menimbulkan reaksi seperti perubahan warna dan menimbulkan sensasi tidak nyaman pada kulit. Sebaiknya hentikan pemakaian produk agar kulit tidak semakin rusak.

Cara aku ngerawat kulit tubuh, dengan cara yang paling simpel aja dulu ya… (detail lebih nya akan aku post di blog terpisah😊)

1. Mandi 2x sehari. Pagi dan Sore atau sebelum tidur. (Biasanya aku mandi sore setelah pulang kantor, langsung mandi! Atau kalau gak kemana-mana sebelum tidur harus mandi.) Sebagai info tambahan aja, mungkin cara mandi dimana-mana sama aja ya, tapi aku kolektor sabun dan aku selalu pakai “alat bantu” mandi supaya bersihnya maksimal.

2. Luluran/Scrub/Body Mask is a must. Dari SD kali ya aku selalu ngerawat badan aku sendiri. Maksudnya sendiri itu 80% dilakukan sendiri, sisanya panggil orang atau ke salon. Dan aku tergolong rutin banget urusan yang satu ini.

3. Boleh dipilih mau pakai Body Balm, Body Lotion atau Body Butter, (nanti akan aku jelasin lagi di blog terpisah biar kalian jadi makin jago ngerawat tubuh!)

4. Sun block, kalo aku pilih yang spray yah! Lebih ringkas dan cepet. Tapi yang cream juga OK! Ini juga wajib, apalagi kalo lagi jalan-jalan, duh! Nggak boleh di lewatin yah♥️

5. Body mist. Never say Never! Astaga…! Semenjak aku emang gak pernah seumur hidup pakai deodoran karena emang (thank God) ga bau keti (nanti aku bikinin juga blog postnya buat kalian…😅) jadi Body Mist ini adalah “Penyemangat” hidup ku. Wanginya bikin mood aku ikutan ‘bangun’ Pagi. Lols.

6. Parfume. Boleh pilih yang eau de parfume or eau de toilette. Ini semua selera sih. Mine? Eau de Parfume.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s