6 Penyebab Kulit Kusam. (WAJIB BACA!)

Merawat wajah sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Khususnya, para perempuan yang mendambakan kulit sehat dan mulus. Kamu pun pasti sudah tidak asing lagi dengan berbagai face wash, masker, scrub, acid toner, serum, dan produk lainnya.

Namun, apakah sudah yakin kalau urutan dan caramu menggunakan skincare benar? Karena cara yang salah, justru akan menjadikan kulit muka rusak, berjerawat, dan kusam.

Kalau kamu heran kenapa wajah semakin kusam padahal sudah pakai skincare, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memakainya. Apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Wajah kusam bisa disebabkan karena kamu memakai pembersih atau face wash yang tidak cocok dengan kondisi kulit

Pertama, kamu wajib membersihkan wajah terlebih dahulu sebelum memulai rangkaian skincare. Dengan begitu, kulit wajah terbebas dari kotoran. Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah kandungan nutrisi pada pembersih yang dipakai.

Pakailah pembersih dengan antioksidan untuk melindungi kulit dari sisa debu yang menempel. Kemudian, ada salicylic acid yang membantu membersihkan kulit sampai pori. Bisa juga dengan witch hazel, yang akan membuat rileks kulit wajah. Produk yang tidak dapat membersihkan secara maksimal, akan membuat kulit jadi kusam.

2. Bisa jadi kamu juga menggunakan pelembap yang kurang ampuh menghidrasi kulit wajah

Salah satu ciri kulit yang lembap adalah memiliki kadar air yang cukup. Jadi, bukan kandungan minyak yang berlebih ya! Hindari pendapat yang salah soal perawatan kulit. Misalnya, jika kulitmu berminyak maka sudah tidak membutuhkan pelembap. Itu salah!

Ketika kadar air pada wajah kurang karena memakai pelembap yang tidak cocok, kulit cenderung memproduksi lebih banyak minyak. Kulit justru rentan terhadap jerawat dan penumpukan sel kulit mati. Inilah yang menjadi pemicu kulit lebih kusam. 

3. Terlalu sering melakukan eksfoliasi bukannya membuat wajah cerah, malahan kusam

Ada berbagai produk eksfoliasi wajah seperti acid toner atau scrub. Keduanya membantu mengangkat sel kulit mati. Namun kenapa ketika kamu memakai produk skincare ini, kulit jadi tambah kusam?

Barangkali, kamu terlalu banyak menggunakan produknya sehingga membuat lapisan pelindung kulit jadi ikut terangkat. Ini yang justru menyebabkan kotoran lebih mudah masuk ke kulit wajah. 

4. Melihat aneka produk dengan kemasan unik, pasti bikin lapar mata. Tapi, berhati-hatilah karena gonta-ganti skincare bikin kulit tak bercahaya!

Jangan karena ada produk keluaran baru, tanpa pikir panjang kamu langsung memakainya ke wajah. Setiap produk memiliki takaran yang berbeda. Begitu pun dengan hasilnya di wajah.

Hindari gonta-ganti memakai produk skincarekarena itu akan membuatmu kesulitan sendiri ketika produknya tidak cocok. Sering memakai produk perawatanyang berbeda, akan membuat wajah bekerja dua kali lipat untuk beradaptasi dengan produk baru.

5. Coba diingat lagi! Jangan-jangan, kamu tidak urut dalam mengaplikasikan beberapa produk perawatan wajah

Pakailah rangkaian perawatandari yang paling cair hingga yang paling kental. Jangan terbalik, ya! Jika itu terjadi, produkyang lebih tebal akan mencegah penyerapan formula yang lebih cair. Pun, kerjanya juga terhambat. Kulit akan menjadi kusam karena urutan yang salah saat mengaplikasikan skincare.

6. Melindungi wajah dari paparan sinar matahari pun, tak kalah penting. Bisa jadi, kulit kusammu lantaran pelembap yang kurang mengandung SPF

Bahkan ketika tidak banyak beraktivitas di luar ruangan yang terkena terik matahari, penggunaan moisturizer dengan SPF sangat penting. Ini agar kulit tidak terkena photoaging atau penuaan. Memakai pelembap yang memiliki SPF akan menghindarkan dari penuaan lebih cepat. 

Itulah kesalahan pakai skincare yang bikin kulit wajah semakin kusam. Ingat! Jika kulit wajah semakin kusam padahal sudah memakai skincare, barangkali kamu masih kurang tepat saat memakainya. 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s